Skip to main content
Loading...

12 Sektor Ziwei Doushu

Dalam ilmu astrologi Tiongkok jauh sebelum Ziwei Doushu ada sudah dikenal 12 sektor kehidupan. Ke-12 sektor ini disebut juga 12 istana (十二宫) yang mana dipakai untuk membaca baik buruknya kondisi 12 sektor kehidupan manusia. Jauh sebelum ilmu Ziwei Doushu ada, dalam ilmu perbintangan lain seperti Qi Zheng Si Yu (七政四余) juga dikenal 12 sektor. Dan karena ilmu astrologi perbintangan ini dekat dengan ilmu Taoisme maka dalam buku kitab Tao seperti Bei Dou Jing (北斗经) juga menyebut-sebut istilah 12 istana ini. Dalam ilmu Physiognomy seperti Face Reading (面相) menjelaskan 12 sektor ini mewakili keberuntungan seseorang yang dilihat berdasarkan penampilan, bentuk, warna, ukuran, dll dari setiap spot wajah. Misalnya jarak di antara kedua mata mewakili istana Jiwa, pucuk hidung mewakili istana keuangan, daerah sekitar dahi mewakili istana karir, dst. Dari situ diketahui baik-buruknya kondisi yang dihadapi oleh yang bersangkutan dalam perjalanan hidupnya.

Face Reading

Bagaimana dengan Ziwei Doushu? Berdasarkan ilmu ini, dari 12 cabang bumi (yang lebih kita kenal dengan 12 shio) setiap sektornya akan di tempati oleh 12 sektor atau 12 istana yaitu sebagai berikut secara berurutan sesuai jarum jam:

  1. Sektor Jiwa命宫 (Destiny Palace) : dari sektor ini kita bisa membaca karakter, personality, talenta yang dimiliki, penampilan fisiknya, kepandaian, kondisi kesehatan secara umum, dan keberuntungan seseorang secara garis besar.
  2. Sektor Orang Tua父母宫 (Parents Palace) : dari sektor ini kita bisa membaca kondisi orang tuanya, kualitas hubungan dengan orang tuanya, atau bahkan bisa dipakai untuk melihat kondisi keuangannya dari segi Debt Collections.
  3. Sektor Mental福德宫 (Happiness Palace) : dari sektor ini kita bisa membaca kondisi mental, pikiran bawah sadar, apakah orang ini bahagia dengan kehidupannya? Apakah dia bisa menikmati kehidupan atau apakah dia sekarang sedang menghadapi masalah? Sektor ini bisa juga dipakai dalam melihat kondisi Feng Shui dari kuburan nenek moyangnya.
  4. Sektor Properti田宅宫 (Property Palace) : dari sektor ini kita bisa membaca kondisi rumahnya, seberapa besar kualitas aset yang dia miliki, bagaimana kondisi lingkungan dia berada? Bagaimana kondisi Feng Shui dari rumahnya? Apakah ada hubungan pihak ke-3 dalam rumah tangganya?
  5. Sektor Karir官禄宫 (Career Palace) : dari sektor ini kita bisa membaca kondisi karirnya, ciri khasnya dalam menyelesaikan pekerjaan, dan tipe pekerjaan apa yang bisa dia laksanakan. Sektor ini juga mewakili kondisi kesehatan dari anaknya.
  6. Sektor Teman / Bawahan奴仆宫 (Friends Palace) : dari sektor ini kita bisa membaca kondisi sosialnya, kondisi dia dengan bawahannya, dengan siapa dia bergaul? Sektor ini juga mewakili kondisi kesehatan dari pasangannya (suami / istri).
  7. Sektor Perjalanan迁移宫 (Travel Palace) : dari sektor ini kita bisa membaca kondisi perjalanannya, apakah dia adalah sosok yang dihormati ketika berada di luar? Apakah ada peluang terjadinya Imigrasi? Termasuk apakah akan ada potensi terjadinya kecelakaan?
  8. Sektor Kesehatan疾厄宫 (Health Palace) : dari sektor ini kita bisa membaca kondisi kesehatannya secara umum, apakah akan ada penyakit bawaan atau penyakit kronis dalam perjalanan hiudpnya? Ini mewakili kondisi fisik seseorang secara umum. Dari sektor ini juga bisa diketahui kondisi tempat kerjanya.
  9. Sektor Keuangan财帛宫 (Wealth Palace) : dari sektor ini kita bisa membaca kondisi keuangannya, current account, apakah dia adalah orang yang kaya? Atau kondisi keuangannya tidak baik? Dari sektor ini juga bisa diketahui kondisi hubungannya dengan pasangaannya.
  10. Sektor Anak子女宫 (Children Palace) : dari sektor ini kita bisa membaca kondisi hubungan antara yang bersangkutan dengan anak-anaknya. Apakah ada masalah dengan kesuburan (untuk memiliki anak)? Sektor ini juga dipakai sebagai analisa ketika seseorang kerjasama bisnis (joint venture).
  11. Sektor Pasangan / Asmara夫妻宫 (Spouse Palace) : dari sektor ini kita bisa membaca kualitas hubungan antara yang bersangkutan dengan pasangannya. Apakah akan ada potensi terjadinya masalah dalam pernikahan? Menikah lebih awal atau lebih lambat? Sektor ini biasanya juga bisa dipakai dalam membaca bisnis ekspor & impor. Juga bisa dipakai apakah dalam perjalanan hidupnya akan terjadi adanya pembedahan (operasi)?
  12. Sektor Saudara兄弟宫 (Siblings Palace) : dari sektor ini kita bisa membaca kondisi hubungan antara yang bersangkutan dengan saudara kandungnya. Apakah ada masalah dengan mereka? Sektor ini juga bisa dipakai dalam melihat kualitas simpanan uang seseorang.

Ke-12 sektor / istana di atas juga dibagi lagi menjadi 2 macam :

  1. Kondisi Asli (本命) dimana sifatnya STATIS jadi kita hanya membaca beruntung tidaknya di setiap sektor ini secara garis besar saja dalam kehidupannya dari awal sampai akhir.
  2. Kondisi Putaran berdasarkan Putaran Dekade (大限) atau Putaran Tahunan (流年) dimana sifatnya DINAMIS. Disini kita bisa membaca kehidupannya secara garis besar dalam 1 dekade (10 tahun) apakah ada masalah tertentu entah baik atau buruk dalam setiap sektor kehidupannya, kemudian diperinci sampai tahun kapan akan terjadinya hal-hal yang menguntungkan atau merugikan tersebut.

Dari sini kita bisa memahami bahwa Ziwei Doushu adalah sebuah ilmu yang berguna untuk melihat segala macam potensi dari diri sendiri entah itu STRENGTHS atau WEAKNESS kemudian dari situ kita bisa juga melihat segala OPPORTUNITIES atau THREATS, dan bagaimana kita harus bersikap secara BIJAK dalam memaksimalkan segala potensi diri, memperbaiki kelemahan agar bisa meraih kesempatan baik kedepannya dan menyiapkan segala perencanaan yang matang dalam menghadapi tantangan di esok harinya.
 

12 Sektor ZWDS