Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


3 Area Penting dalam Feng Shui





 



 

Teori dan Praktek
Angka - angka Feng Shui yang membawa Hokky ? Benarkah ?





Angka - angka Feng Shui yang membawa Hokky ?
Benarkah ?


Sering saya jumpai dalam masyarakat kita, dimana sebagian lapisan tertentu memborong beberapa angka-angka tertentu dengan urutan tertentu, yang konon dapat membawa hokky atau keberuntungan bagi mereka. Mereka bersedia membayar mahal dengan membeli angka tersebut untuk berbagai macam tujuan, seperti nomor HP, nomor telepon rumah, nopol kendaraan, nomer rekening Bank, sampai dengan nomer alamat rumah. Setidaknya fenomena ini bisa saya kategorikan menjadi 3 berdasarkan motifnya, yaitu :
1) Mereka yang menganggap nomer atau angka ini sebagai angka yang cantik, sehingga karena ini adalah sebuah paradigma masyarakat yang berkembang seiring dengan waktu akhirnya banyak yang memakluminya. Tidak ada sesuatu yang takhayul dari motif seperti ini, karena ini hanyalah sebuah trend saja.
2) Mereka yang menganggap nomer atau angka ini sebagai suatu yang magis, karena bisa membawa hokky atau keberuntungan bagi pemiliknya sehingga karena ini adalah sebuah kepercayaan maka mereka menghubungkan ini dengan praktek Feng Shui. Ini adalah motif yang takhayul, karena pada dasarnya ilmu Feng Shui tidak pernah ada yang membahas ini dimulai dari pakar-pakar kita yang kuno.
3) Mereka yang menganggap nomer atau angka ini sebagai angka yang spesial, karena mewakili mungkin tanggal kelahiran mereka, angka favorit, angka kenangan, dsb. Tidak ada yang takhayul dari motif seperti ini, ya....karena ini kan urusan pribadi masing-masing.

Di sini saya hanya ingin membahas kategori 2 saja, karena kebetulan ini menyangkut mengenai praktek Feng Shui. Sejatinya, dalam Feng Shui kita tidak pernah mengenal angka-angka yang membawa hokky, kenapa ? Karena angka hanyalah sebuah simbol saja yang mana mewakili suatu subyek yang kita pakai dalam menganalisa sebuah keberuntungan tempat tinggal. Dalam aliran Feng Shui bintang terbang contohnya, angka-angka tersebut (angka 1 sampai angka 9) hanyalah mewakili dari 9 bintang kutub utara (Bei Dou Jiu Xing) kemudian kita menganalisa pergerakan bintang tersebut dalam skala waktu untuk diselaraskan dengan sebuah rumah, serta penghuninya. Secara garis besar, angka - angka dalam Feng Shui bisa digolongkan jadi 3 bagian besar, yaitu :
1) Ming Shu, angka kelahiran.
2) Yun Shu, angka skala waktu.
3) Xing Shu, angka bintang terbang.

Angka-angka itu sendiri sebenarnya tidak ada yang membawa hokky ataupun sial karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan patut diperhatikan bahwa kita (manusia)-lah yang mendefinisikan angka-angka tersebut dalam sebuah arti, bukannya angka-angka itu muncul dengan sendirinya. Angka-angka tersebut tidak akan ada artinya jika kita (manusia) tidak pernah menciptakannya, jadi angka yang tergantung kita bukan kita yang tergantung angka. Demikian juga dengan penghidupan kita, apakah mungkin dengan menggunakan sebuah angka maka penghidupan kita akan berubah?



Sayangnya, dilema ini sudah umum tejadi di beberapa lapisan / golongan masyarakat kita, sehingga menjadikan Feng Shui sebagai praktek yang semakin kelihatan takhayul saja, bukan menjadi seni yang berbau logis lagi! Praktek-praktek penggunaan angka yang hokky dalam Feng Shui ini sebenarnya bermula dari para praktisi yang ada di Hong Kong, yang mana setiap angka memiliki sebuah makna tertentu dihubungkan dengan dialek pengucapannya, seperti :
- Angka 3 dihubungkan dengan permulaan yang baru.
- Angka 8 dihubungkan dengan kekayaan.
- Angka 9 dihubungkan dengan kejayaan.
- Angka 10 dihubungkan dengan kesempurnaan,dst.

Banyak sekali dari praktek-praktek Feng Shui yang menggunakan angka urutan seperti 88 (kekayaan ganda), 888 (kaya dari segi langit, bumi, dan manusia-nya), 889 (kekayaan berangsur-angsur menuju kemakmuran), 999 (kejayaan terus menerus), 389 (permulaan yang baru akhirnya akan sukses), 168 (sejalan menuju kekayaan), 369 (hal yang baru berangsur-angsur akan sukses), dan seterusnya. Sedangkan angka-angka yang membawa sial adalah seperti angka 4 yang melambangkan kematian, karena itu beberapa orang Tionghoa selalu menghindari penggunaan angka 4 di akhir sebuah urutan nomer.

Jadi kesimpulannya, angka-angka yang dianggap hokky dalam Feng Shui adalah suatu yang bersifat psikologis saja tanpa mengandung pengaruh yang nyata dalam kehidupan kita. Dan sejatinya hokky atau keberuntungan kita selalu ditentukan dari 3 tipe keberuntungan yaitu keberuntungan langit, bumi, dan manusia yang sudah pernah saya jelaskan pada artikel yang lain. Ketika Anda ingin mencari sebuah angka-angka untuk beberapa tujuan tertentu, seperti no. telepon atau no. Hp selalu carilah angka-angka yang mudah dihafalkan baik untuk diri Anda sendiri maupun untuk orang lain agar identitas Anda mudah untuk dikenali oleh setiap orang.


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center. Powered by 7 Site.