Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate



Tips Feng Shui Tangga


 

Tips Feng Shui Interior Pintu Utama
Pedoman Feng Shui Anda ketika menata posisi pintu utama rumah.





Feng Shui Interior Pintu Utama


Dalam ilmu Feng Shui ada 3 hal paling utama yang harus diperhatikan ketika kita menganalisa kondisi interior rumah, yaitu:
1. Pintu Utama,
2. Dapur dan,
3. Kamar Tidur.

Ada sebuah ungkapan Feng Shui yang mengatakan, Guan Sha Er Fang Wu Zhang Ai Guang Ming Zheng Da Wang Men Ting, yang artinya adalah jika posisi pintu utama (eksterior) tidak terdapat obyek negatif yang menimbulkan Sha Qi seperti pola jalan, pola sungai, bangunan tetangga, dll dan bentuk pintu utama (interior) cukup lapang, tampak kokoh, dan nyaman untuk dipandang maka rumah tersebut bisa dibilang sebagai rumah yang bagus.

Dalam ilmu Feng Shui, posisi pintu utama mempengaruhi 50% baik-buruknya sebuah rumah. Mengapa? Karena pintu utama dianggap sebagai mulut rumah atau Qi Kou. Tipe energi atau Qi yang dibawa masuk ke dalam rumah disebarkan melalui pintu dan selanjutnya mempengaruhi kesehatan dan keberuntungan keluarga. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui tipe energi apa atau gizi yang dibawa melalui pintu ke dalam rumah. Energi yang dibawa ke dalam rumah hendaknya adalah energi positif atau Yang Qi dan bukan energi negatif atau Yin Qi.

Oleh sebab itu, tujuan utama dalam analisa Feng Shui Interior Pintu Utama adalah memastikan tidak ada obyek (secara eksterior maupun interior) dan tata letak ruangan yang menyebabkan energi positif atau Sheng Qi tidak dapat masuk atau terhalangi ketika masuk melalui pintu utama. Sebaik apapun arah hadap pintu utama Anda, jikalau kondisi pintu utama Anda dirusak oleh obyek sekitar pintu entah dari luar (eksterior) maupun dari dalam (interior) maka Anda tidak bisa mengharapkan efek Feng Shui yang optimal. Sebaliknya jika arah hadap pintu utama Anda kurang begitu baik, namun kondisi bentuk eksterior maupun interior pintu tidak ada masalah maka bisa mengurangi efek negatif tersebut.

Ada 2 metode untuk menganalisa Feng Shui Pintu Utama, yaitu:
1. Feng Shui Eksterior Pintu Utama, yaitu dengan mengevaluasi kondisi dan situasi sekitar pintu utama dengan menghadap ke luar bangunan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan berdiri tepat di depan pintu utama dan melihat keluar apakah terdapat obyek-obyek tertentu yang melanggar pedoman Feng Shui. Hal ini akan kami bahas lengkap di artikel Pedoman Feng Shui Eksterior: Feng Shui Eksterior Pintu Utama.
2. Feng Shui Interior Pintu Utama, yaitu dengan mengevaluasi kondisi dan situasi dekat dengan pintu utama dengan menghadap ke dalam bangunan. Yang perlu Anda lakukan adalah berdiri di garis daun pintu dan lihatlah kedalam apakah terdapat obyek-obyek atau tata ruang yang melanggar pedoman Feng Shui.

Karena disini kita membahas Pedoman Feng Shui Interior, maka kita sekarang mengevaluasi pintu utama dengan menghadap ke dalam bangunan agar memastikan energi positif atau Sheng Qi dapat terkumpul dan beredar bebas ke dalam ruangan.

Salah satu pelanggaran yang paling sering terjadi terhadap pengumpulan kekayaan keluarga adalah pemasangan cermin yang segaris dengan pintu utama. Mengapa cermin memiliki efek seperti ini? Karena cermin memiliki bahan dielektrik yang mampu memantulkan spektrum cahaya. Dalam ilmu Feng Shui, energi alam semesta yang disebut dengan Qi merupakan bagian dari cahaya yang kasat mata, sehingga kehadiran cermin persis di depan pintu utama akan menghalangi atau mengurangi efek energi yang masuk ke dalam rumah. Oleh sebab itu, tidak heran jika energi yang dipantulkan kembali oleh kehadiran cermin diibaratkan seperti energi positif yang mewakili keberuntungan penghuni tidak dapat terkumpul. Perbaikan untuk kasus seperti ini adalah cukup memindahkan posisi cermin agar tidak segaris lurus dengan pintu.




Pengaturan lain yang mengeringkan penghasilan keluarga adalah ketika pintu depan membuka ke arah jendela atau segaris lurus dengan pintu bagian belakang rumah dalam jarang kurang dari 10 meter. Tata letak ruangan seperti ini menghalangi energi Qi bersirkulasi ke tiap ruangan rumah, mengingat energi Qi tersebut tidak memiliki kesempatan untuk berputar dan menyebar ke seluruh bagian rumah. Tipe energi yang masuk langsung keluar dari rumah kita sebut dengan Wu Qing atau energi yang tidak memiliki perasaan.




Solusi yang bisa dilakukan untuk kasus seperti ini adalah dengan sering menutup jendela atau pintu bagian belakang ketika pintu bagian depan dibuka, atau untuk kasus pintu depan yang segaris lurus dengan pintu belakang Anda bisa memasang kabinet atau rak yang bertindak sebagai partisi atau pembatas ruangan agar pintu bagian belakang seolah-olah tidak langsung tampak dari depan ketika masuk.




Kasus lain yang sering ditemui adalah energi negatif atau Sha Qi yang dipancarkan oleh segi tiga atap tetangga melalui jendela ataupun pintu utama rumah. Obyek segi tiga atap tetangga yang terlihat dari jendela maupun pintu utama kita sebut dengan Huo Xing Sha yang bisa mempengaruhi mental penghuni serta keharmonisan keluarga. Solusi yang tepat dalam kasus seperti ini adalah dengan memasang tirai di jendela atau sering menutup bilahnya.

1 2 Next


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center. Powered by 7 Site.