Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate



Tips Feng Shui Bagian Tengah Rumah


 

Tips Feng Shui Tangga
Pedoman Feng Shui Anda ketika mengatur posisi tangga dan lantai.





Feng Shui Tangga


Pada umumnya, masyarakat kita saat ini tinggal pada rumah yang bertingkat. Berdasarkan ilmu Feng Shui, sekalipun tangga bukanlah 3 faktor terpenting dalam Feng Shui namun memiliki pengaruh yang besar dalam penataan Feng Shui Interior. Mengapa? Karena tangga digunakan untuk bergerak dari satu tingkat ke tingkat lainnya. Tangga adalah saluran energi ‘Qi’ untuk dibawa ke atas atau ke bawah dan disebarkan ke seluruh tingkat. Oleh sebab itu penempatan tangga dapat mempengaruhi keberuntungan dan kesatuan keluarga.

Berbeda dengan air yang hanya bisa bergerak dari atas ke bawah, paradigma energi ‘Qi’ dalam ilmu Feng Shui bisa mengalir dengan mudah dari tingkat atas ke bawah dan juga bergerak dari bawah ke atas. Energi ‘Qi’ ini dibawa ke atas oleh gerakan aktivitas yang menciptakan pola energi di tingkat atasnya. Oleh sebab itu, posisi tangga juga dianggap sebagai mulut rumah kedua atau ‘Qi Kou’ setelah pintu utama dan harus ditempatkan pada sektor yang tepat. Ada beberapa pedoman Feng Shui yang harus Anda ketahui ketika menganalisa sebuah posisi tangga rumah. Dan yang perlu Anda ingat adalah bahan material yang Anda pilih untuk interior tangga, warna keramik, sampai pada bentuk railing atau sandaran tangga tidak berhubungan sama sekali dengan ilmu Feng Shui oleh sebab itu tidak ada pedoman yang kami bahas disini seputar masalah tersebut.

Kasus yang sering ditemui adalah posisi tangga yang segaris lurus dan menuju pintu depan dalam jarak yang relatif dekat atau kurang dari 5 meter. Kedudukan tangga seperti ini adalah salah satu penyebab keluarga sulit mengumpulkan kekayaan. Mengapa? Karena energi ‘Qi’ yang dibawa dari tangga ketika turun ke bawah akan bergegas ke luar rumah melalui pintu.




Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengarahkan kembali posisi tangga sehingga berada pada posisi 90 derajat dari pintu. Kedudukan demikian akan mencegah hilangnya energi ‘Qi’ yang positif dari rumah.




Kasus lain yang perlu diperbaiki adalah posisi tangga yang turun langsung menuju pintu kamar mandi dan WC. Letak tangga seperti ini mengakibatkan energi ‘Qi’ terseret keluar ke saluran. Kasus yang sama juga terjadi ketika posisi tangga yang turun langsung menuju pintu kamar tidur, karena begitu energi ‘Qi’ ini turun akan bergerak cepat dan ‘menghantam’ pintu, sehingga ketika energi ‘Qi’ masuk ke dalam ruangan kamar menjadi tidak stabil dan menyebabkan penghuni di kamar tidur ini mudah sakit atau memiliki temperamen yang labil sehingga hubungan dengan orang lain juga kurang harmonis.




Perbaikan untuk kasus di atas adalah:
1. Memindahkan posisi pintu kamar mandi atau kamar tidur agar tidak segaris lurus dengan mulu tangga.
2. Memasang penutup pintu otomatis, atau memasang tirai di pintu.
3. Meletakkan tanaman di dalam kamar mandi ataupun WC agar dapat membawa energi ‘Qi’.

Sektor tengah rumah dalam ilmu Feng Shui disebut dengan ‘Tian Xin’ atau ‘Jantung Langit’ dan harus dibiarkan tetap stabil dan tenang agar dapat menjamin aliran energi ‘Qi’ dalam rumah mengalir dengan lancar. Ini berarti bagian tengah rumah harus bebas dari ruang massif yang bergerak. Posisi tangga yang tepat berada di sektor tengah rumah akan mengganggu aliran energi ‘Qi’ di dalam rumah. Para penghuni yang di dalam sektor tengah rumahnya terdapat tangga mudah terserang penyakit dan akan mengacaukan keutuhan keluarga. Mengapa? Karena rumah tipe seperti ini sama saja dengan rumah yang tanpa ‘Jantung’. Perbaikan yang bisa dilakukan adalah memasang lampu dengan watt kecil selama 24 jam non-stop di atas tangga untuk membawa energi ‘Qi’ naik ke atas. Membawa energi ‘Qi’ naik ke atas adalah cara untuk mengisi kekosongan tangga.




Kasus lain yang sering ditemui adalah posisi tangga yang sejajar dengan kamar tidur ketika naik ke atas. Pintu kamar tidur yang membuka ke arah tangga yang turun ke lantai bawah menyebabkan energi ‘Qi’ akan terseret ke bawah setiap kali pintu kamar tidur di buka. Dalam ilmu Feng Shui, kondisi ini disebut dengan ‘Qian Bi Shui’ yang akan merugikan penghuni yang tidur di kamar tersebut. Perbaikan dari kasus seperti ini adalah dengan memindahkan posisi pintu kamar tidur.




Pedoman lain yang harus Anda ketahui seputar Feng Shui Tangga adalah:
1. Jangan menempatkan posisi tangga yang melewati atas pintu utama. Posisi tangga yang melewati pintu utama akan menyebabkan energi ‘Qi’ ketika masuk ke dalam ruangan menjadi tertekan dan bisa disamakan seperti adanya balok yang menonjol di atas pintu utama.
2. Bentuk tangga yang disukai adalah berbentuk letter U atau L, karena adanya lekukan akan membiarkan energi ‘Qi’ berkumpul terlebih dahulu sebelum berputar naik ke atas. Dengan demikian aliran pola energi lebih lembut dan sentimental.


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Pabrik Kreasi