Skip to main content
Loading...

Hexagram 64 火水未济

Pic Hex. 64

Hexagram 64 Huo Shui Wei Ji 火水未济 terdiri dari Trigram atas api 离 dan Trigram bawah air 坎, bila digabungkan secara keseluruhan Hexagram ini membentuk gambaran seperti seseorang yang hendak 'melintasi' sebuah sungai tapi masih belum bisa terlewati. Itulah sebabnya Hexagram ini disebut Wei Ji 未济 yang diartikan yang belum terselesaikan. Hexagram ini adalah kebalikannya dari Hexagram 63 Shui Huo Ji Ji 水火既济. Bila Hexagram 63 menandakan segala sesuatunya sudah teratur dan seimbang, maka Hexagram ini menandakan segala sesuatunya masih belum teratur dan seimbang. Oleh sebab itu dalam peramalan Yi Jing, bila Anda mendapatkan Hexagram ini menandakan apapun yang ingin Anda dapatkan, tidak akan terjadi. Mengapa? Karena Anda dalam posisi yang belum siap untuk mendapatkan hasilnya. Hexagram ini memberi makna bahwa sekarang adalah masa TRANSISI bagi Anda dimana segala sesuatunya masih berantakan (messy) dan sedang proses menuju sesuatu, sehingga Anda tidak berada di tempat yang tepat dan di waktu yang tepat. Orang bilang, "Dewi Fortuna sedang tidak berpihak ke Anda". Hexagram 64 adalah Hexagram terakhir dalam Yi Jing sebelum Hexagram 63. Bila Hexagram 63 melambangkan sesuatu yang sudah sempurna dan berada di posisi puncak, maka ketika seseorang sudah berada di titik yang terekstrim akhirnya mulai turun kembali seperti roda yang berputar. Oleh sebab itu, Hexagram 64 menunjukkan makna Anda harus memulai dari awal lagi seperti pada permulaan, dan itulah sebabnya kalau Anda perhatikan Hexagram ini, Trigram Kan 坎 mewakili musim dingin dan Trigram Li 离 mewakili musim panas, ini berarti ketika dari musim dingin ingin berpindah ke musim panas terlebih dahulu Anda harus melewati musim semi (spring). Musim semi dalam teori Yi Jing dianggap sebagai permulaan yang baru

transition

Bila Anda perhatikan gambar di atas, Hexagram 63 Shui Huo Ji Ji 水火既济 adalah di posisi ENDINGS. Hexagram 64 Huo Shui Wei Ji 火水未济 adalah di posisi CHAOS, karena sebelum menuju sebuah era yang baru (New Normal) harus melewati kondisi yang berantakan dulu. Sama seperti ketika awal terjadinya pandemi covid-19, dimana semua orang harus mengenakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan lain sebagainya. Meskipun ini tidak nyaman bagi sebagian besar orang, namun semua orang TERPAKSA harus menjalankannya (ACCEPTANCE) demi kebaikan bersama. Akhirnya, lama-kelamaan orang juga terbiasa dengan kebiasaan yang baru ini (New Normal). Nah, proses transisi inilah yang sangat tepat menggambarkan Hexagram 64 ini. Setelah proses ini bisa kita lewati maka kembali lagi pada Hexagram 1 Qian Wei Tian 乾为天 dimana kita memulai sesuatu yang baru (BEGINNINGS). Kesemuanya ini sudah merupakan kodrat dari alam semesta kita. 

Singkat cerita, bila Anda meramalkan apakah sekarang adalah waktu yang tepat untuk pindah rumah dan mendapatkan Hexagram ini maka itu menandakan situasi dan kondisi yang Anda hadapi saat ini belum siap untuk pindah rumah. Bila Anda meramalkan pertumbuhan bisnis Anda di tahun ini, maka Hexagram ini memberi petunjuk masih banyak hal yang harus Anda lewati sebelum bisnis Anda bisa tumbuh. Dan bila Anda meramalkan seseorang apakah dia mencintai Anda dan mendapatkan Hexagram ini, maka sudah jelas jawabanya bahwa dia masih belum mencintai Anda. Intinya setiap kali Anda mendapatkan Hexagram 64 memberi pesan sekarang adalah masa transisi dan banyak hal yang tidak menyenangkan yang harus Anda 'lewati' terlebih dahulu sebelum menikmati hasilnya. Kira-kira seperti itu makna dari Hexagram 64. :)