Skip to main content
Loading...

Day Master Xin 辛 • Logam Yin 阴金

Day Master Xin

Dalam Bazi,  Xin 辛 digambarkan seperti sebuah logam perhiasan permata. Logam seperti ini berfungsi untuk mempercantik atau memperindah pemakainya. Xin memiliki elemen Logam Yin阴金. 

Seseorang yang dilahirkan dengan memiliki Day Master ini memiliki karakter sebagai berikut:

- Sama seperti sebuah perhiasan logam yang tampak indah dan gemerlap, Anda adalah sosok yang mementingkan penampilan dan pesona diri. Anda menghargai sebuah seni dan kenikmatan. Anda suka dengan gaya hidup yang berselera tinggi. Anda tidak suka mengalami kesusahan dimana harus bekerja keras untuk melawannya. Anda berharap bisa menikmati penghidupan ini sebaik mungkin. Anda juga termasuk sosok yang suka akan cerita filosofi dan membutuhkan pemikiran tinggi. Anda cenderung memiliki harga diri yang tinggi dan menganggap orang lain lebih rendah daripada Anda. Dalam menginginkan sesuatu, Anda selalu berharap bisa mendapatkan yang terbaik. Ketika mengerjakan sesuatu, Anda mengharapkan bisa dilakukan secara sempurna sampai pada hal-hal yang detil. Dan ada kecenderungan Anda akan berkawan dengan orang-orang yang memiliki level status yang sama dengan diri Anda.

- Anda adalah sosok yang butuh perhatian lebih dari orang-orang di sekitar Anda. Dan untuk mendapatkan perhatian tersebut, mudah bagi diri Anda untuk mendapatkannya. Dari hal inilah, orang lain menilai Anda seperti orang yang mementingkan diri sendiri. Itulah sebabnya orang yang dilahirkan dengan Day Master ini seringkali memiliki talenta dan ketrampilan tertentu. Anda juga dalah sosok yang suka berdiskusi terutama pembicaraan intelektual yang berbobot. Anda kadangkala juga tampil angkuh di depan orang lain.  Orang dengan Day Master Xin adalah orang yang paling suka disanjung, sehingga untuk mendapatkan hatinya adalah dengan cara memujinya. Itulah sebabnya Anda harus bisa membedakan mana yang merupakan sanjungan tulus dan mana yang hanya bermulut manis di depan Anda demi mendapatkan keuntungan pribadi. Jadi selalu berhati-hatilah ketika mendapatkan pujian dari orang lain demi sebuah agenda pribadi. 

- Di permukaan Anda bisa tampil sebagai sosok yang keras dan ketika sedang marah cenderung akan berteriak keras agar bisa menakuti orang lain. Namun, semarah-marahnya Anda hanya akan meluapkannya dalam sebuah kata-kata tidak pada sebuah tindakan fisik. Dalam kondisi tertentu, Anda akan bersikap keras kepala sehingga orang lain pun akan menjauhi diri Anda. Namun, sesungguhnya adalah Anda adalah sosok yang menghargai sebuah hubungan baik dengan orang lain. Anda adalah  orang yang setia dan tidak akan berkhianat dengan orang yang terdekat di hati Anda. 

Untuk memperbaiki kulitas karakter diri Anda lakukan hal-hal berikut ini:

- Adalah hal baik menjadi orang yang percaya diri, namun ketika rasa percaya diri Anda sudah berlebihan maka hal ini bisa membuat orang lain merasa terintimidasi sehingga memberi kesan yang buruk terhadap Anda.

- Anda adalah orang yang suka mencari perhatian, oleh sebab itu ketika Anda mendapatkan sebuah perhatian dari orang lain pastikan perhatian tersebut datang dari tingkah laku Anda yang baik bukan sebaliknya.

- Anda adalah orang yang suka mendapatkan apresiasi, sebaliknya lakukan hal yang sama dimana Anda juga harus bisa mengapresiasi orang lain. Berusahalah yang terbaik untuk menjaga sebuah hubungan yang harmonis dengan orang lain.

Dalam menjalankan pekerjaan, Anda memiliki ciri khas sebagai berikut:

- Dalam menangani pekerjaan, Anda adalah orang yang kurang memiliki motivasi khususnya ketika harus menghadapi tekanan dan stres dalam pekerjaan. Anda lebih memilih untuk berhenti dulu dalam bekerja ketika mendapatkan sebuah tekanan. Dalam memulai sebuah bisnis, di awal Anda masih bisa berjuang untuk membangunnya namun tidak bisa menjalankannya sampai tuntas. Namun semuanya ini juga tergantung dari skala proyeknya bila pekerjan tersebut relatif aman dan lancar maka Anda masih bisa menyelesaikannya dengan baik. Namun, bila proyeknya berjalan tidak sesuai harapan Anda, maka kemungkinan besar Anda segera meninggalkannya. Dalam urusan pekerjaan, Anda tidak bisa bekerja sendirian karena ketika menghadapi tekanan cenderung mudah menyerah. Itulah sebabnya Day Master Xin membutuhkan sebuah kerja dalam tim agar bisa menghadapi tekanan secara bersama-sama dan mencari solusinya.

- Secara naluriah, Anda tidak mau menyerah begitu saja dalam pekerjaan meskipun situasinya sudah menuntut ke arah situ. Anda juga adalah sosok yang tidak mau terlibat dalam politik pekerjaan dan memiliki cara sendiri dalam menyelesaikan setiap masalah. Dan bila Anda menemui 2 teman kolega Anda yang saling berselisih maka Anda tidak mau terlibat dalam urusannya, sembari mencari keuntungan apa yang bisa didapatkan dari perselisihan ini bagi diri sendiri. Anda tidak tertarik untuk menyelesaikan permasalahan dari peristiwa ini, Mengapa? Karena dengan melarikan diri dari perselisihan tersebut, setidaknya Anda masih dianggap netral dan bisa mengambil keuntungan dari kedua orang tersebut di kemudian hari. 

- Anda adalah orang yang sangat rasional, dan semua diskusi Anda mementingkan sebuah data dan fakta. Dan karena Anda adalah sosok yang mementingkan sebuah kelogisan maka ketika berdebat Anda mudah mengalahkan orang lain. Orang lain tertarik ke Anda bukan karena sebuah kharisma namun karena kepandaian berbicara Anda yang terlihat logis dan masuk akal. Anda juga adalah sosok yang pandai membuat perencanaan, dan akan melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan setiap keputusan pekerjaan yang diambil bakal bisa diselesaikan dengan baik. Di dalam setiap pekerjaan yang Anda lakukan harus berdasarkan informasi dan statistik yang terukur. Itulah sebabnya, orang-orang yang bekerja pada Anda menaruh kepercayaan yang tinggi terhadap Anda.    

Untuk memperbaiki kualitas Anda dalam menjalankan pekerjaan, lakukan hal-hal berikut ini:

- Ketika Anda mengalami stres atau banyak pikiran dalam pekerjaan, cobalah berhenti sejenak untuk menenangkan diri Anda. Seringlah berlatih meditasi.

- Ketika Anda terlibat perselisihan dari kedua rekan kerja Anda, pastikan jangan ikut campur dalam urusan mereka ketika Anda tidak sanggup biarkanlah mereka sendiri yang menyelesaikannya agar tidak memperburuk situasinya. Namun bila Anda merasa sanggup untuk menyelesaikannya maka carilah solusi yang terbaik tanpa merugikan siapapun. 

- Anda memiliki kelebihan dalam berpikir secara rasional, gunakan kelebihan ini dalam menyelesaikan setiap pekerjaan dan masalah.

Dalam menjalin hubungan dengan orang lain, Anda memiliki ciri khas sebagai berikut:

- Anda adalah sosok yang mementingkan penampilan dan harga diri. Anda memperhatikan penilaian orang lain terhadap diri Anda. Anda butuh sangjungan dari orang lain dan hal ini bisa membuat ketidak-nyamanan orang lain kepada Anda. Kadangkala orang lain melihat tingkah laku Anda ini seperti kekanak-kanakan. Orang yang bisa dekat di hati Anda adalah orang yang mau memberi perhatian lebih kepada Anda. Namun dibalik dari semuanya itu, Anda adalah sosok yang memiliki perasaaan yang halus. Teman-teman Anda menganggap Anda adalah pribadi yang setia, dan mudah didekati karena Anda menganggap teman adalah segalanya bagi Anda.

- Anda bisa menjadi orang yang licik, yang mana mengambil sebuah keuntungan dari persahabatan pada orang tertentu. Hal ini bisa dianggap orang lain sebagai sesuatu yang manipulatif dan mementingkan diri sendiri khususnya dalam menjalin hubungan. Dalam dunia pekerjaan, bila Anda merasa tidak mendapatkan keuntungan apa-apa dari rekan kerja Anda maka Anda cenderung tidak mau terlibat dalam pekerjaan tersebut. Itulah sebabnya sebelum menjalin pertemanan, seringkali Anda akan menilai seberapa berharganya pertemanan ini bagi Anda. Dan bila Anda bisa menemukan sebuah nilai keuntungan dari rekan kerja Anda maka Anda akan berusaha maksimal untuk menjalinnya dan ini tidaklah sulit bagi Anda karena Anda punya ketrampilan dalam meyakinkan orang lain.

- Anda punya keinginan yang kuat dalam mempelajari hal-hal baru dari dunia ini. Rasa penasaran yang tinggi dan haus akan pengetahuan baru. Anda suka menganalisa, mempelajari dan mengumpulkan segala macam informasi. Ketika teman-teman Anda ingin bertanya sesuatu maka mereka akan mencari Anda karena wawasan Anda yang luas. Dan Anda pun menikmati hal ini.

Untuk memperbaiki kualitas Anda dalam menjalin hubungan dengan orang lain lakukan hal-hal berikut ini:

- Ketika menjalin persahabatan dengan orang lain, hargailah persahabatan tersebut dari segi hati dan perasaan ketimbang dari harga diri Anda. Dengan demikian, Anda pun akan menikmati hasil positifnya di kemudian hari.

- Hargailah orang lain secara tulus, bukan serta-merta dari sekedar apa yang bisa mereka berikan kepada Anda. Dengan demikian Anda bisa mempertahankan persahabatan dalam jangka waktu yang lama.

- Ketika Anda sedang berbicara pada orang lain, aturkan komunikasi dan bahasa Anda agar tidak menyinggung perasaan orang lain.

Dalam mengelola keuangan, Anda memiliki ciri khas sebagai berikut:

- Anda adalah sosok yang tahu bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik. Anda tidak sembarangan dalam membelanjakan uang, dan sebelum menginvestasikan uang selalu berpikir secara cermat. Dalam berinvestasi Anda selalu menganalisa terlebih dahulu, mempelajari tren pasar, meriset setiap opsi yang tersedia dan berpikir puluhan kali sebelum menjalankannya. Hal demikian juga ada kekurangannya karena seringkali Anda melewatkan kesempatan emas karena terlalu banyak menganalisa sehingga tidak bisa bergerak dengan cepat. Dan karena kecenderungan Anda yang perfeksionis yaitu suka mempelajari informasi sebanyak mungkin menyebabkan Anda takut-takutan dalam mengambil keputusan. Ada saja ketidakpuasan yang dihadapi karena setiap keputusan selalu mengandung resiko dan Anda membuang waktu untuk memikirkannya.

- Dikarenakan Anda adalah sosok yang menjaga reputasi diri maka dalam hal keuangan seringkali Anda suka membesar-besarkan kondisi investasi keuangan Anda di depan orang lain agar tampil sempurna. Dan karena kecenderungan inilah, Anda sulit untuk mau mengakui kesalahan diri di depan orang lain. Anda takut akan penilaian yang buruk dari orang lain kepada Anda, sehingga ketika Anda melakukan kesalahan atau ada sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang sudah Anda katakan maka Anda memilih untuk berdiam diri dan membiarkan masalah tersebut seolah-olah tidak ada masalah karena takut orang lain memberi penilaian yang buruk dan akan mempengaruhi reputasi Anda. Singkatkanya, ketika Anda sudah kalah, maka Anda tidak akan mau mengakui kekalahan tersebut. Anda juga suka bercerita mengenai kisah kesuskesan Anda yang harus dilalui dalam jerih payah pada orang lain.

- Anda tidak punya rencana finansial secara jangka panjang. Anda cenderung menyukai investasi jangka pendek yang bisa memberikan keuntungan secepat mungkin. Anda jarang memikirkan apa yang harus dilakukan nanti ketika Anda sudah pension. Dalam melakukan investasi pasar keuangan, ada kecenderungan Anda lebih suka mengikuti tren jangka pendek. Apa yang terjadi di pasar keuangan saat ini adalah perhatian utama Anda, sehingga apa yang orang lain lakukan saat ini, itu juga akan Anda lakukan. Dengan demikian Anda tidak mau spekulatif dan bermain yang aman saja.  Anda adalah sosok yang tahu masa depan dengan jelas dan apa yang Anda butuhkan. Dengan demikian Anda memiliki talenta dalam berinvestasi, dan apa yang harus dijalankan di masa depan. Dan adalah sesuatu yang penting bagi diri Anda untuk mengatur status finansial yang aman di masa yang akan datang demi menjaga keluarga Anda dari kekurangan.

Untuk memperbaiki kualitas Anda dalam mengelola keuangan lakukan hal-hal berikut ini:

- Ketika Anda sedang melakukan perencanaan keuangan, jangan lupa untuk menjalankannya juga dan tidak sekedar di awing-awang saja. Dengan demikian Anda akan mendapatkan hasil yang positif.

- Karena Anda adalah sosok yang suka menjaga reputasi diri, maka pastikan jangan banyak mulut mengenai status finansial dan investasi Anda. Tunggulah ketika situasi dan kondisinya memang sudah benar-benar stabil baru menunjukkannya pada orang lain.

- Pikirkan bagaimana caranya ide dan perencanaan keuangan Anda bisa menjadi kenyataan, khususnya dalam penghasilan passive income

Kelebihan dan Kekurangan Day Master Xin:

- Kelebihan : tampil elegan, punya kemampuan, pintar, setia, berwawasan luas, punya rasa ingin tahu yang besar, hati-hati, pemikir yang cermat, punya perasaan yang halus. 

- Kekurangan : suka mencari perhatian, terlalu mementingkan harga diri, suka mengontrol orang lain, manipulatif, mementingkan penampilan, kurang punya ketekunan, mudah putus asa dalam sebuah tekanan.