Skip to main content
Loading...

Hexagram 50 火风鼎

Pic Hex. 50

Hexagram 50 Huo Feng Ding 火风鼎 terdiri dari Trigram atas Li 离 dan Trigram bawah Xun 巽. Gabungan dari keduanya membentuk sebuah gambaran sebuah ketel besar yang biasa dipakai oleh tabib jaman kuno dulu untuk memasak sebuah herbal atau obat, dan itulah sebabnya Hexagram ini disebut Ding 鼎 yang berarti ketel (untuk memasak obat). Dan karena pot ini dipakai untuk memasak obat, maka Hexagram ini juga mempresentasikan panjang umur atau keabadian. Orang jaman kuno dulu menyamakan Hexagram ini sama seperti sebuah pil Dewa 仙丹. Bila Anda perhatikan dengan seksama, bentuk Hexagram 50 ini juga mewakili sebuah ketel dimana garis Yao ke-6 adalah 'Yang' mewakili tutup dari ketelnya sendiri, kemudian Yao ke-5 adalah 'Yin' adalah gagang / pegangan ketel dari ke-2 sisi kanan dan kiri. Yao ke-2 sampai ke-4 adalah 'Yang' mewakili wadah dari ketel tersebut, dan garis Yao ke-1 'Yin' adalah kaki-kakinya. Ini dianggap sebagai salah satu Hexagram terbaik dalam Yi Jing. Hexagram ini mewakili sebuah kehangatan, cinta kasih, dan kebahagiaan yang sejati.

herbal

Dalam peramalan Yi Jing, setiap kali Anda mendapatkan Hexagram ini maka itu menandakan adanya progres perbaikan. Namun proses yang dilalui seringkali butuh waktu, Anda tidak bisa minta CEPAT SUKSES. Orang mengatakan pelan tapi pasti atau slowly but surely. Pasti ada hasilnya, tapi butuh waktu... sama seperti perumpamaan Hexagram ini dimana ketika Anda memasak obat atau herbal juga membutuhkan waktu yang agak lama sebelum matang dan siap diminum. Bila Anda meramalkan sebuah hubungan asmara, maka pasangan tersebut akan membangun hubungan cinta yang semakin dalam seiring berjalannya waktu. Cinta kasih, kepedulian dan kehangatan akan semakin terbentuk ketika usia mereka bertambah. Bukankah hubungan cinta seperti ini adalah yang paling indah? Bila Anda meramalkan bagaimana bisnis yang akan Anda jalankan, maka Hexagram ini memberi petunjuk keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat ini masih sedikit , namun lama-lama akan menjadi besar. Atau omset bisa besar, tapi keuntungannya sedikit. Meskipun demikian bisnis ini tidak akan pudar dalam jangka waktu yang lama.  Kira-kira seperti itu... 

Dan bila Anda bertanya berapa lama orang yang Anda cintai bisa hidup dan mendapatkan Hexagram ini, maka selamat!, karena mereka akan berusia panjang. Singkat cerita, Hexagram ini memberi gambaran secara jangka panjang, pada akhirnya Andalah yang jadi pemenangnya. Hexagram ini juga memberi makna sebuah KEPUASAN BATIN. Kapan batin kita bisa puas dan bahagia? Apakah ketika kita sudah kaya dan berkelimpahan materi? Banyak orang diluar sana yang memiliki kelimpahan materi, namun batinnya tetap merasa kosong dan tidak bahagia! Mengapa? Karena kekayaan sesungguhnya itu bukanlah ada diluar, tapi ada di dalam hati kita masing-masing dimana kita sudah merasa CUKUP dengan apa yang kita dapatkan dan bisa bersyukur. Di saat inilah Anda merasa jauh lebih berbahagia daripada yang lain. Dan Hexagram ini berbicara mengenai Fulfillment in Life, itulah sebabnya Hexagram Ding 鼎 dianggap sebagai salah satu Hexagram terbaik dalam Yi Jing :)