Skip to main content
Loading...

Hexagram 55 雷火丰

Pic Hex. 55

Hexagram 55 Lei Huo Feng 雷火丰 terdiri dari Trigram atas Zhen 震 yang mempresentasikan tindakan (execution) Anda, sedangkan Trigram bawah Li 离 mewakili rasa percaya diri atau keyakinan. Gabungan dari keduanya menandakan apa yang Anda jalankan sesuai dengan isi hati atau keyakinan Anda sehingga menciptakan sebuah harmoni. What you feel inside and what you do is same. Anda memberi nasehat pada orang lain, tapi Anda sendiri pun juga menjalankan nasehat tersebut. Ada sebagian pembicara motivator yang hebat diluar sana, pinter ngomong... bisa memberi nasehat dan bahkan mampu mengubah kehidupan orang lain... mungkin saja ia dihormati banyak orang... ironisnya dia sendiri tidak bisa menjalankan apa yang sudah dia omongkan :)  

Jadi moral story dari Hexagram ini adalah apa yang bisa Anda katakan, juga Anda langsung kerjakan. Tidak sekedar ngomong saya bisa... saya bisa...!! Bila Anda hanya bisa mengatakan sesuatu tapi tidak mau mengerjakannya lama-lama orang lain sudah tidak akan menghargai Anda lagi. Bagaimana mungkin orang lain bisa menghargai Anda, bila Anda tidak mau menghargai diri Anda sendiri? Itulah sebabnya keyakinan vs tindakan harus sinkron. Dan bila Anda sudah bisa mencapai level ini, berarti Anda tidak berpura-pura baik di depan orang lain, sehingga Anda tidak punya beban apapun dalam hati. Kemanapun Anda ingin pergi, Anda bisa pergi. Anda dalam kondisi yang benar-benar bebas dan lepas, dan itulah sebabnya Hexagram ini disebut Feng 丰 yang berarti berkelimpahan. Anda adalah manusia yang diberkati :)

abundance

Adanya Trigram api 离卦 pada Hexagram ini menandakan adanya keyakinan diri, apa yang dilakukan adalah apa yang memang sudah dipikirkan. Cintailah diri Anda sendiri. Bila Anda tidak mampu mengerjakannya maka janganlah mengatakan bahwa Anda mampu melaksanakannya ke orang lain karena lama-kelamaan Anda tidak akan dipercayai lagi oleh mereka. Kondisi dimana Anda sudah mampu melaksanakan semua apa yang sudah Anda katakan, maka Anda sudah melakukan pesan moral dari Hexagram ini. Dan ketika Anda sudah mencapai tahap ini, maka Anda adalah orang yang bahagia. Dan seringkali, orang yang banyak berpikir itu bukanlah orang yang bahagia. Pikirkan apa yang sudah sepatutnya untuk dipikirkan... Dan jangan pikirkan untuk hal-hal yang tidak penting untuk dipikirkan... Dengan demikian Anda akan merasa keberlimpahan. Dan ingat keberlimpahan itu tidak serta merta diukur dari berapa banyak materi yang Anda miliki, namun berapa banyak rasa kecukupan yang Anda miliki. Kesempurnaan dalam kehidupan ini tidak dilihat dari sebuah parameter yang diciptakan oleh orang lain karena pada hakikatnya kehidupan ini adalah milik Anda untuk mengatur parameternya sendiri. Jadilah manusia yang bebas tanpa belenggu untuk menciptakan keberlimpahan. Dan ini mengapa Hexagram 55 Feng 丰 dianggap oleh orang kuno dulu sebagai salah satu Hexagram terbaik dalam Yi Jing.